Kamis, 15 Maret 2012

Menuju Ujian Nasional

Hay guys, lama juga rasanya saya nggak mosting. Maklum, saya sedang sibuk ngurusin persiapan ujian yang akan diadakan pada tanggal 16 april nanti. Bagaimana dengan persiapan kalian ? sudah siap kah ? Siap tidak siap harus siap dong pastinya.

Sembilan dari sepuluh orang yang saya wawancarai mengatakan sangat gugup menghadapi hal ini. Saya sangat maklum dengan pendapat mereka. Ujian bagi kita kan sudah seperti hidup dan mati, sekali gagal bakal menyesal seumur hidup ditambah dengan MALU yang luar biasa. Namun, setelah saya telusuri lebih lanjut, diantara kesepuluh orang tadi hanya satu diantaranya yang berhasil menyelesaikan soal-soal try out (uji coba kemampuan siswa sebelum UN), yaitu orang yang menjalaninya dengan santai atau tanpa beban. Menurutnya, santai bukan berarti tidak belajar ataupun bermalas-malasan. Santai yang dia maksud adalah tidak gugup, optimis dan tetap berusaha.


Disini saya mengambil kesimpulan, bahwa setiap pekerjaan yang dijalani dengan nyaman akan mendapatkan hasil yg memuaskan. Maka dari itu saya memberikan tips kepada kalian yang sedang mempersiapkan diri menuju UN :
1. Jalani dengan santai namun tetap belajar
2. Tidak memaksakan diri, artinya lebih kepada bertahap. Otak kalau dipaksakan juga nantinya bakal meledak. hehehe
3. Perbanyak mengerjakan soal-soal sesuai dengan SKL (guru saya pernah bilang, kalau membuat soal itu tidak mudah. artinya, soal yang ada kemungkinan itu pula yang kembali dinaikkan dalam ujian)
4. Tidak pelit (orang yang kalian tolong hari ini bisa saja menjadi malaikat penolong kalian suatu hari nanti).
5. Setelah berusaha, tentunya harus berdo'a pula. Usahakan lakukan yang terbaik, perbaiki sikap.
6. Berusaha, berdo'a sudah. Tinggal jaga kesehatan saja. Jangan tidur larut malam, tau atur waktu agar tugas-tugas tidak menumpuk.

Nah, kalau semuanya sudah kita lakukan semaksimal mungkin, tinggal tunggu hasilnya. Baik buruknya itu tergantung takdir, siap menerima kekalahan dan jangan terlalu cepat puas dengan kemenangan. Hidup masih panjang bukan ?

Yang terakhir sebagai motivasi saja. Dunia ini ada kalanya membuat kita jatuh, namun kembali kepada diri kalian masing-masing. bangkit ? Atau ikut terjatuh. Intinya, kalian sudah berusaha, berdo'a dan melakukan yang terbaik sebisa kalian. Jika hasilnya tidak memuaskan, itu kembali kepada diri kalian. Bangkit dan percaya semua ada hikmahnya atau terjatuh dan tidak melakukan apa-apa.

Okey guys, semoga seluruh angkatan tahun ini bisa LULUS 100%
Amin :)

3 komentar:

dicky renaldy mengatakan...

wah, selamat ya. saayaya juga sedang usaha neh
bersama menghadapi UN

RapaWij mengatakan...

Amin....
selalu jujur dengan yang dilakukan...pasti berhasil..
amin..

Hisyam Fakhri mengatakan...

wohh , bagus sekali artikelnya kawan

Posting Komentar